Cara mengatur ruangan rumah yang sempit sangat diperlukan bagi pemilik rumah. Sebagai pemilik rumah, Anda harus pintar mengatur tata letak ruangan yang cukup sempati dihuni namun, tempat tersebut bisa menjadi ruangan yang digunakan untuk menampung cukup banyak orang. Ruangan di rumah tersebut bisa jadi ruang tamu maupun ruang dapur. Kedua tempat tersebut merupakan ruangan umum di rumah Anda yang bisa digunakan oleh banyak orang namun, tempat tersebut tidak cukup besar jika dibandingkan ruang-ruangan lain di rumah.

Ruang tamu merupakan ruangan yang pertama kali akan dilihat oleh penghuni rumah dan orang lain. Kesan pertama dari ruang tamu yang tertatap dengan rapi akan memberikan efek yang positif terhadap ruangan lain di rumah Anda. Itu artinya, Anda mampu menata tata letak rumah dengan baik. Jadi, jangan anggap remeh keadaan ruangan tamu Anda meskipun tidak terlalu besar dan luas. Simak cara-cara berikut ini agar ruangan tamu di rumah Anda terlihat rapi.

Sesuaikan Ukuran Furniture Dengan Ruangan

Ruangan tamu pasti memiliki sofa, kursi, meja, dan hiasan yang semakin mempercantik ruang tamu Anda. Furniture-funiture tersebut wajib ada di ruang tamu. Jika perlu, Anda bisa menambahkan alas berupa karpet agar tidak kotor saat dipijak. Keadaan ruang tamu yang tidak terlalu besar mengharuskan Anda untuk bisa mengatur tata letaknya. Rancangan ruangan sangat dibutuhkan sehingga Anda bisa mengetahui sebesar apa furniture yang Anda butuhkan.

Usahakan agar furniture seperti meja, kursi, maupun sofa yang akan Anda gunakan memiliki ukuran yang tidak menghabiskan ruangan di ruang tamu. Gunakan sofa yang memiliki permukaan datar tanpa senderan di bagian belakang ataupun setiap sisinya, sehingga ada banyak ruang yang bisa menampung banyak orang. Senderkan sofa tersebut di dinding ruangan agar ada ruang bagi para tamu untuk berjalan. Selain itu, meja untuk menghidangkan minuman dan makanan ringan tamu bisa berukuran minimalis.

Minimalis artinya Anda bisa menaruh lebih dari satu meja di ruang tamu namun, menggunakan meja yang tidak terlalu panjang. Meja bagian tengah menjadi meja utama yang paling besar sementara itu, Anda bisa menaruh meja-meja berukuran kecil yang berbentuk bulat di sudut ruang tamu Anda. Jadi, makanan ringan dan minuman para tamu cukup untuk dihidangkan secara bersama-sama. Ruang tamu yang sempit bisa Anda atur dengan baik dan rapi untuk tamu Anda yang tidak sedikit.

Desain Dinding Yang Memberikan Kenyamanan

Bukan hanya tata letak saja yang membuat ruangan tamu Anda bisa terlihat rapi dan nyaman meskipun tidak berukuran luas. Ruang tamu bisa menjadi tempat bercengkrama Anda bersama tamu dan keluarga. Perbincangan di dalamnya bisa membicarakan hal yang ringan maupun berat. Jika sudah seperti itu, semua orang yang berada di ruang tamu pasti membutuhkan hal yang nyaman agar perbincangan Anda bisa berakhir dengan baik.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mendesain warna dinding ruang tamu agar menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman. Sehingga para tamu dan keluarga merasa betah berada di ruang tamu Anda. Gunakan warna-warna halus dan lembut pada dinding ruang tamu Anda agar tidak memberikan kesan yang rumit dan berlebihan yang dapat melelahkan pikiran dan mata Anda. Tidak hanya itu, warna tersebut akan membuat ruang tamu terkesan tidak sempit serta enak untuk dipandang.

Gunakan Beberapa Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi sering digunakan untuk ruangan yang sempit untuk meminimalisir furniture yang dibutuhkan. Terkadang, furniture multifungsi juga dapat menjadi tempat penyimpanan tersembunyi. Misalnya, untuk meja kerja dan meja rias di kamar dapat digabung menjadi satu sedangkan untuk cermin dapat di sembunyikan di bawah meja. Selain itu, tempat duduk ottoman atau yang sering disebut kursi puff sering dibuat menjadi tempat penyimpanan tersembunyi.

Tambahkan Beberapa Dekorasi Pelengkap

Dekorasi pelengkap yang digunakan tidaklah harus berukuran besar. Dekoaris ini juga menambahkan kesan nyaman dan tenang di ruang tamu. Anda bisa menambahkan vas bunga yang tidak menghabiskan ruang di ruangan tamu dengan menggunakan ukuran yang memanjang ke atas. Serta gunakan bunga hias yang mempunyai tangkai panjang sehingga, bunga bisa terlihat di sekitar ruangan.

Jika Anda tidak menyukai keberadaan vas bunga, Anda bisa beralih ke meja tambahan berukuran kecil untuk menaruh buku-buku. Letakkan furniture pelengkap di sudut ruang tamu yang bisa terlihat oleh orang namun, tidak mempersempit ruang tamu. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mempelajari cara mengatur ruangan rumah.

Live Chat